Setelah cukup lama berkecimpung dalam dunia tulis menulis, akhirnya saya merasa perlu untuk mengambil langkah preventif untuk menghindari kesalahpahaman ataupun kemungkinan buruk lainnya akibat tulisan-tulisan yang saya buat di blog ini.  Saya menyadari besarnya hasrat saya untuk lebih banyak lagi menulis opini-opini seputar ekonomika dan keuangan. Sehingga, saya merasa perlu menekankan bahwa saya tidak mewakili siapapun atau entitas apapun dalam menulis tulisan-tulisan yang bersifat opini di blog ini. Semua tulisan yang saya buat di sini adalah sepenuhnya hasil pemikiran saya pribadi tanpa sedikitpun terdistorsi oleh pihak manapun.

Saya tidak memiliki kepentingan apapun dalam membuat sebuah tulisan, melainkan hanya untuk membagikan opini atau analisis saya semata. Saya tidak pernah menempatkan diri saya sebagai pengiklan ataupun propagandis atas apa-apa yang saya sertakan dalam tulisan saya. Jika dalam praktiknya pembaca menjadikan tulisan saya sebagai acuan untuk melakukan suatu transaksi maka risiko yang ditimbulkan harus ditanggung sendiri oleh si pembaca, sebagaimana potensi keuntungan yang pastinya dinikmati sendiri oleh si pembaca.

Saya juga tidak bertanggungjawab atas segala komentar yang dilontarkan pembaca di blog ini. Oleh karenanya, saya harap pembaca dapat mengutarakan pendapat atau komentarnya secara santun dan terukur agar tidak ada pihak-pihak yang merasa dirugikan. Jika nantinya ada komentar yang menimbulkan konsekuensi hukum, saya bersedia memberikan detail informasi yang bersangkutan seperti email, alamat IP, dan lain sebagainya kepada pihak-pihak berwenang.

Demikian sangkalan ini saya buat. Saya anggap apa yang saya sampaikan di sini dapat dipahami dan diterima dengan baik oleh seluruh pengunjung atau pembaca blog ini.