Apakah Anda Sudah Melek Keuangan? Coba Ikuti Survei Ini!

Finlitkids.com

The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) pernah melakukan survei literasi keuangan tahun lalu. Survei itu dilakukan di 30 negara dengan jumlah peserta dari tiap-tiap negara mencapai ribuan orang. Hasilnya, menurut mereka, masih belum memuaskan, meskipun survei yang dilakukan hanya menyertakan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat sederhana. Ini menunjukkan kalau literasi keuangan masih sangat abysmal sifatnya di berbagai penjuru dunia, bukan hanya di Indonesia.

Namun demikian, berkaca pada penelitian-penelitian sebelumnya, seperti yang pernah saya singgung di tulisan terdahulu, tak elok kalau kita, warga negara Indonesia, memandang hal ini sebagai pembenaran atas permasalahan lemahnya keterliterasian masyarakat kita. Penempatan posisi negara kita yang sangat terbelakang saja seharusnya sudah mampu membuat bangsa ini lebih sadar akan pentingnya pemahaman pada aspek ekonomi dan keuangan. Tidak pernah mengambil studi pada bidang terkait tidak boleh menjadi rasionalitas mengapa seseorang tidak memahami isu-isu ekonomi/keuangan, mengingat isu-isu ini akan selalu melekat dalam kesehariannya.

Saat ini, kita sedang menunggu rilis hasil survei tiga tahunan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait perkembangan literasi keuangan masyarakat kita. Saya meyakini lembaga-lembaga internasional lain juga akan segera merilis hasil survei mereka pada topik yang sama, meskipun belum bisa diketahui kapan. Sambil menunggu semua itu, tidak ada salahnya kalau kita mencoba menguji diri kita sendiri dengan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh OECD pada survei terakhir mereka, sebagaimana telah saya sarikan berikut ini:

Loading OECD


Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *